Cara Meliburkan Toko di Shopee Saat Lebaran

Cara Meliburkan Toko di Shopee Saat Lebaran
Cara Meliburkan Toko di Shopee Saat Lebaran

Saat ini banyak pengguna yang mencari tahu cara meliburkan toko di Shopee. Daripada bingung langsung simak berikut ulasannya. 

Aplikasi belanja online Shopee adalah salah satu yang terpopuler di Indonesia. Apalagi Shopee memang kerap kali memberikan banyak event dan promo menarik bagi pengguna. 

Shopee memang terkenal dengan promo promonya yang sangat menguntungkan seperti flash sale, gratis ongkir, cod dan cashback. Selain itu fiturnya sendiri terbilang cukup lengkap dengan banyaknya metode pembayaran. 

Serta ketersediaan fitur dompet digital yakni Shopee pay. Untuk pengguna yang ingin melakukan kredit juga tidak perlu risau karena bisa mengaktifkan fitur Shopee pay later. 

Hal ini tentu membuat banyak pengguna semakin nyaman menggunakan aplikasi Shopee. Meski memang aplikasi sedikit lebih berat dan lemot, akan tetapi adanya kemudahan berbelanja dan kemudahan mengecek status pengiriman menjadi nilai tambah di Shopee. 

Selain itu tren berbelanja online yang semakin meningkat, tentunya akan menguntungkan bagi penjual apalagi di dekat hari raya seperti sekarang. 

Namun di hari raya tentu penjual memerlukan waktu liburan untuk merayakan hari raya. Maka dari itu toko biasanya diliburkan. 

Toko Libur di Hari Raya

Banyaknya pengguna Shopee yang terus meningkat, tentu membuat para penjual bisa panen orderan. Terlebih jika dekat dengan hari raya dan event tertentu penjualan akan meningkat drastis. 

Akan tetapi jika memang sedang menghadapi hari raya, tentu penjual juga butuh liburan. Misalnya dalam menyambut hari raya idul fitri, hari natal, waisak dan lainnya. 

Tentu penjual tidak mau juga kan melayani orderan ketika sedang berlebaran. Maka dari itu kalian bisa liburkan saja dulu toko untuk sementara. Dengan begitu tidak akan ada orderan masuk dan toko tetap terjaga. 

Lantas seperti apa cara meliburkan toko di Shopee untuk stop orderan sementara? Simak sampai habis. 

Cara Meliburkan Toko di Shopee Lewat Website 

Untuk mengaktifkan fitur toko libur di Shopee sendiri sangat mudah untuk dilakukan. Kalian bisa mengaktifkannya melalui website maupun aplikasi. Berikut ini tutorialnya. 

Cara pertama untuk meliburkan toko adalah melalui website. Dengan mengaktifkan fitur toko libur maka akun toko akan dilabeli libur sehingga konsumen tidak bisa melakukan orderan. 

Langsung saja ikuti panduan lengkapnya berikut. 

  1. Buka aplikasi Bbowser di perangkat lalu masuk ke situs Shopee
  2. Selanjutnya masuk atau login ke dalam akun Shopee kamu.
  3. Jika sudah bisa klik menu Shopee Seller Center untuk mulai proses libur toko. 
  4. Kemudian klik menu saya yang ada di sebelah kanan atas lalu pilih Pengaturan Akun
  5. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman Pengaturan dasar dan aktifkan fitur Toko libur
  6. Akan muncul menu pop up untuk mengkonfirmasi peliburan toko dan tinggal klik Lanjutkan
  7. Terakhir konfirmasi dengan tekan Ok.

Cukup mudah bukan? Setelah ini lapak toko kamu di Shopee akan diliburkan dan diberi label libur. Pengguna tidak akan bisa membuat orderan barang setelah fitur diaktifkan. 

Cara Meliburkan Toko di Shopee Lewat Aplikasi

Nah fitur toko libur ini juga bisa diaktifkan melalui aplikasi Shopee. Jika kamu memang menggunakan aplikasi sebagai alat jualan bisa ikuti panduan berikut.  

  1. Jalankan aplikasi Shopee dan login ke dalam akun seperti biasanya. 
  2. Setelah masuk ke beranda bisa klik menu Saya yang ada di pojok kanan bawah. 
  3. Selanjutnya masuk ke Toko saya dan pilih menu Asisten Penjual
  4. Kemudian klik Pengaturan toko dan tinggal aktifkan saja fitur Toko libur
  5. Konfirmasi peliburan dan toko otomatis akan diliburkan oleh Shopee. 

Dengan mengikuti cara di atas kamu sekarang sudah bisa meliburkan toko di Shopee, dan orderan otomatis tidak bisa dibuat. 

Sementara itu untuk mengaktifkan atau membuka kembali toko bisa dilakukan dengan cara yang sama. Bedanya disini kita tinggal mengaktifkan kembali saja fitur toko liburnya. 

Akhir Kata 

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai cara meliburkan toko di Shopee. Jika masih ada yang belum jelas atau pertanyaan lain seputar Shopee bisa tulis di kolom komentar ya. 

Sekian dulu untuk penjelasan pada kesempatan kali ini. Semoga informasinya bermanfaat. Terima kasih dan Selamat mencoba.