Kapan Anniversary EXO-L? Catat Tanggalnya

Kapan Anniversary EXO-L? Catat Tanggalnya
Kapan Anniversary EXO-L? Catat Tanggalnya

Kapan Anniversary EXO-L Fans dari EXO, yaitu EXO-L resmi diumumkan pada tanggal 5 Agustus 2014. Pengumuman tersebut dua tahun setelah Boy Group asal Korea Selatan tersebut melakukan debut yaitu pada 8 April 2012.

Dari banyaknya Boy Groups K-Pop yang ada, sampai saat ini EXO menjadi salah satu yang paling pouler, bahkan di berbagai negara termasuk Indonesia. Fandom mereka yaitu EXO-L merupakan hal yang sangat spesial untuk mereka, karena menjadi nyawa di setiap penampilannya.

Banyak dari EXO-L rela menghabiskan uangnya untuk menonton konser, membeli album, ataupun pernak-pernik dari EXO. Namun, apakah kamu tahu arti dari EXO atau perjalanan mereka hingga bisa bertahan sampai saat ini?

Sabilia akan memberikan informasi mengenai EXO dan EXO-L untuk kamu, jadi simak artikel ini sampai habis ya!

Mengenal Boy Group EXO

EXO (엑소) adalah boy band Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina.

Genre yang dibawakan oleh EXO adalah K-pop, Mandopop, Pop, Dance-pop, sebelumnya EXO dikenal sebagai ‘소년천지‘ (“Boy’s Heaven” atau “Land of Boys”). Nama EXO diambil dari nama planet baru yang diketahui keberadaannya pada 2009 dan berada diluar tata surya.

Member yang pertama kali diperkenalkan adalah Kai pada tanggal 21 Desember 2012, kemudian Luhan, Tao, Chen, Sehun, Lay Xiumin, Baekhyun, D.O, Suho, Kris dan yang terakhir Chanyeol.

EXO melakukan debut resmi mereka pada tanggal 8 April 2012. EXO-K dan EXO-M melakukan debut resmi secara bersama-sama dengan lagu-lagu yang sama tetapi di dua tempat yang berbeda. EXO-K akan tampil dalam SBS ‘Inkigayo’ sedangkan EXO-M akan tampil dalam acara penghargaan ‘Music Festival’ di China yang dikenal sebagai Grammy China.

Tentang EXO-L dan Kapan Anniversary EXO-L?

Pada 5 Agustus 2014 EXO mengumumkan nama untuk Fandom mereka yaitu “EXO-L”. EXO-L adalah singkatan dari EXO-LOVE. “L”. EXO-L adalah nama yang diciptakan oleh sang Leader, Suho karena posisi L berada ditengah abjad K dan M, yang juga berarti bahwa EXO K + EXO L + EXO M = 1 sesuai slogan mereka yaitu “We Are One”

Nama EXOTIC paling udah asing buat EXO-L sekarang. Jadi, EXOTIC itu dulu sebutan buat fandom EXO dari fansnya sendiri sebelum diberi nama resmi dari agensi. Lalu EXO-L adalah nama official fandom EXO yang diumumkan pada 5 Agustus 2014. ‘L’ di EXO-L artinya ‘Love’ dan huruf di antara K dan M. Ingat ya, EXO debut dengan dua unit, EXO-K dan EXO-M.

Istilah-Istilah di EXO-L

1. EXO! Saranghaja!

“We Are One! EXO! Saranghaja!” bagi kamu yang masih asing dengan kalimat ini, “We Are One!” adalah slogan khas perkenalan dari EXO. Sedangkan “EXO! Saranghaja!” digunakan sebagai penyemangat bagi para personil dan fans dalam setiap perfomance mereka. Saranghaja dalam bahasa Korea berarti “Let’s Love”.

2. Aeri/Eri

EXO-L adalah sebutan official bagi para penggemar EXO. Tapi menariknya, salah satu personil EXO yaitu Baekhyun pun memberi panggilan sayang lainnya kepada EXO-L yaitu Aeri / Eri. Aeri / Eri berasal huruf L-Y (L yang terdapat dari nama fandom EXO-L) di mana saat diucapkan terdengar seperti “Eri.” Di Korea Aeri juga memiliki makna pelindung.

3. Yehet & Ohorat

Sebagai EXO-L salah satu variety show EXO yang tidak boleh kamu lewatkan adalah EXO Showtime. EXO Showtime menjadi penanda dari variety show yang pertama kali dibintangi oleh EXO. Di sini pula kamu bisa mengenal istilah Yehet dan Ohorat yang dipopulerkanoleh sang maknae EXO yaitu Sehun.

Yehet sendiri merupakan sebuah kata yang digunakan untuk mengungkapkan rasa senang dalam dirinya. Kata ini begitu populer sejak ditayangkannya EXO Showtime bahkan masuk ke dalam kamus Urban Dictionary. Sedangkan Ohorat menjadi istilah unik yang dipakai Sehun untuk menggambarkan perasaannya. Bahasa slang satu ini merupakan plesetan dari kata “Alright.”

4. Chogiwa

Di awal debutnya, EXO terbagi menjadi dua sub-grup yaitu EXO-K dan EXO-M. Satu tahun berselang setelah debutnya, EXO pun resmi merilis album pertamanya yang berjudul XOXO di tahun 2013 dan resmi tampil dengan personil lengkap yaitu 12 member melalui lagu Wolf. Kata Chogiwa diambil dari lirik awal lagu Wolf tersebut yaitu: Chogi wa danbeone neukkyeo.

5. Eureureong

Sama seperti Chogiwa, Eureureong pun merupakan lirik lagu Growl yang tidak kalah ikonik! Eureureong dalam bahasa Inggris berarti growl atau menggeram. Na eureureong eureureong eureureong dae!

6. Kkaebsong

Lagi-lagi Baekhyun menciptakan istilah unik yang wajib diketahui oleh para EXO-L. Dalam salah satu episode EXO Showtime, vokalis EXO tersebut menciptakan istilah Kkaebsong. Buat kamu yang penasaran, kkaebsong berasal dari kalimat is ’kkab chuh suh jwe song hab ni da.” Yang berarti “Maaf jika melakukan sebuah tindakan yang bodoh.”

Jadi Kkaebsong juga bisa digunakan untuk menunjukkan rasa penyesalan atas tindakan yang foolish atau guyonan yang garing.

Akhir Kata

Nah, dari informasi diatas kamu tentunya sudah mengetahui bagaimana EXO dan EXO-L. Jika bertanya kapan anniversary EXO-L? yaitu 5 Agustus. Jadi jangan sampai terlewat ya untuk merayakannya.

Terima kasih sudah mampir di Sabilia, semoga informasi diatas bisa menjawab apa yang kamu cari. Have a Nice Day!